Sabtu, 22 Maret 2008

EMULATOR

Emulator atau lebih tepatnya di sebut siftware emulator memungkinkan suatu program atau piranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer, untuk bisa di jalankan dalam sistem tersebut, yang dapat di jalankan dalam suatu sistem komputer yang berbeda. Sebagai contoh suatu program window dapat dijalankan di sistem operasi linux dengan menggunakan piranti lunak emulator wine. tapi saya tidak akan membahas itu, soalnya yang mau saya bahas emulator yang berbasis pada dunia game. konsol konsol game lawas sekarang sudah jarang bisa kita temui, tapi untungnya ada emulator, sehingga kita bisa bernostalgia dengan game-game kesayangan.....

Emulator dalam pengoperasian komputer

Emulator memungkinkan komputer untuk bekerja sesuai dengan hardware sistem yang diemulasikan. Tetapi emulator tidaklah ada gunanya tanpa didukung oleh permainan komputer (game). Game-game ini disebut sebagai ROM atau Disk Image yang merupakan hasil copy dari game-game dalam format cartridge atau disket sistem yang bersangkutan. Misalnya, game sega hanya akan bekerja apabila dijalankan pada emulator Sega saja.

Melalui penggunaan emulation kita dapat memainkan game-game klasik kesukaan kita seperti Super Mario Bros dan Sonic the Hedghog di komputer kita. Tentu saja kita tidak dapat begitu saja memasukkan cartridge game ke dalam disk drive komputer. Konsep emulation memang agak sulit untuk dijelaskan tetapi pada dasarnya emulation adalah suatu proses untuk meniru desain Internal dari suatu sistem. Untuk menjalankan program pada sistem yang berbeda membutuhkan program pendukung yang disebut emulator. Mendesain emulator itu sendiri tidaklah mudah dan kualitas hasil emulationnya tidak selalu sempurna. Tetapi sekarang ini sudah banyak sekali emulator yang beredar di Internet dan kualitas emulator-emulator tersebut berkisar dari buruk hingga hampir sempurna.

Kinerja Emulator

Kebanyakan emulator tidak mampu untuk secara sempurna meng-emulate sistem yang hendak ditirunya. Contoh dari ketidaksempurnaan tersebut adalah problem pada timing (framerate yang lambat), gambar atau efek Video yang tidak benar, suara yang kacau atau bahkan tidak bersuara sama sekali, problem di joystick, dan lain sebagainya.

ROM

Emulator tanpa ROM atau disk image adalah tidak ada gunanya, karena ROM atau Disk Image inilah yang merupakan game sebenarnya. Perhatikan analogi berikut ini: emulator adalah console game dan ROM atau Disk Image adalah cartridge gamenya. Jadi, console Nintendo tanpa game tak akan ada gunanya

Udah ah terlalu kelamaan penjelasannya mending langsung aja mainkan game kesayanganmu dalam Emulator yang bisa di download di http://emulator-zone.com atau silahkan klik disini untuk menuju webnya langsung, dan ROMnya yang bisa di download di http://romulation.net atau silahkan klik disini untuk menuju situsnya langsung. di romulation ini banyak sekali menyediakan ROM dari berbagai konsole, syarat utamanya harus register terlebih dahulu.
dan selamat bernostalgia dengan game-game terdahulu.

0 komentar: